Cerita ABG : Ladder Of Success

5 Nov 2013

Cerita ABG memang tidak akan pernah habis dikupas. Tidak hanya dalam hal percintaan atau pun kegalauan, banyak hal positif yang bisa kita perhatikan. Masa ABG adalah pondasi, masa dimana saatnya mulai membentuk suatu bangunan yang kokoh dimulai dari dasarnya. Whatever You in the future, is whatever You do in the present. Jadi apa yang akan kalian raih di masa depan, adalah dimulai dari apa yang kalian lakukan saat ini. (Semoga grammar saya bener, hehehe…)

Itulah kenapa, sejak kecil kita pasti dikenalkan dengan apa itu yang disebut dengan “cita-cita”. Entah di sekolah atau di lingkungan keluarga. Pasti kita dituntut untuk mempunyai sebuah cita-cita. Dan tidak ada batasan dalam menentukan cita-cita itu sendiri. Presiden pertama Republik Indonesia, bapak Soekarno pernah berkata. “Gantungkan cita-citamu setinggi langit. Sehingga saat kamu terjatuh, maka kamu terjatuh di pangkuan bintang-bintang”. Adalah menyiratkan tentang perjuangan, bagaimanapun hasilnya. Akan ada hal manis yang dapat kita petik. Selama ada usaha pasti akan ada jalan.

Cerita ABG adalah masa proses, apa yang ingin diraih di masa depan dimulai di sini. Saya pernah menonton sebuah film berjudul “Top Secret : The Billionaires”, sebuah film yang diangkat dari kisah nyata seorang milyarder muda bernama Top Ittipat. Di usianya yang ke-26 dia mampu menjadi milyarder dengan penghasilan sebesar 800 juta Baht per tahun dan mempekerjakan 2.000 orang karyawan. Bukanlah suatu hasil yang didapat dengan instan ataupun gelontoran warisan dari keluarganya. Keluarga Top bangkrut dan mempunyai hutang sebesar 40 juta Baht (sekitar 12 milyar rupiah) dan harus merelakan rumah mereka disita oleh bank. Top bukanlah ABG yang mudah menyerah ataupun hanya pasrah dengan keadaannya. Top ingin membuktikan kepada keluarganya bahwa dia akan mampu bangkit, membayar semua hutang di bank dan berkumpul lagi dengan mereka. Berbagai macam usaha dia lakukan, berkali-kali bangkrut dan merugi-pun dialaminya. Top tidak pernah menyerah. Walaupun akhirnya dia harus meninggalkan pacarnya demi ingin mewujudkan cita-citanya. Sekarang produk yang dia buat dijual di seluruh negara di dunia, termasuk Indonesia. Pernah tahu cemilan rumput laut “Tao Kae Noi”? Kalau belum silakan cek di Indomaret terdekat. Hehehe, ngiklan gratis!

Cerita ABG tidak akan menjadi bermakna jika tidak disertai dengan usaha dan kemauan yang keras. Ada beberapa tips yang mungkin ingin saya bagikan, agar bisa lebih mudah menyambut masa depan yang gemilang. Tips yang saya sebut dengan “Ladder Of Success” atau tangga menuju kesuksesan. #wow! Hehehe semoga bermanfaat!

1. Membaca Potensi Diri

Saat muda, dapat membaca potensi atau kenampuan diri adalah sangat penting. Setiap anak pasti memiliki potensi yang berbeda-beda. Menentukan bakat dan kemauan kita di bidang apa. Apa yang membuat kita enjoy saat melakukan suatu pekerjaan, apakah kita mampu jika kita benar-benar terjun di bidang tersebut. Tidak mudah memang proses dalam pencarian potensi diri, perlu banyak wawasan dan latihan. Jika sudah bisa menemukan potensi diri, maka maksimalkan!

2. Mau Jadi Apa

Lalu setelah proses menemukan potensi diri, hal berikutnya yang harus dilakukan adalah menentukan akan dibawa kemana potensi tersebut. Atau yang seperti dijelaskan di atas, menentukan cita-cita. Apa yang ingin kita raih, tentunya jika kita mempunyai potensi di bidang tersebut. Akan lebih mudah proses menuju keberhasilannya. Diplanning dan dicatat, tulis dalam diary atau catatan target yang harus.ditempuh. Dengan membaca catatan tersebut, insa Allah akan menjadi cambuk dan dapat menumbuhkan semangat kita untuk terus berusaha.

3. Apa Yang Harus Dilakukan

Poin ketiga ini adalah mencari jalan, apa yang harus dilakukan untuk mencapai target atau cita-cita tersebut. Mulai dari proses belajar, mencari peluang, relasi, motivasi, evaluasi, revisi ataupun ketika saat kita gagal, langkah apa yang harus kita jalankan sehingga dapat bangkit kembali untuk meraih kberhasilan.

4. Fokus

Lalu fokus adalah kunci yang terpenting. Seseorang yang ingin berjalan kedepan, sekalipun langkahnya sudah benar dan hampir menuju titik tujuan. Tapi ketika fokusnya berubah, dia dapat setika itu berbelok dan menjauh. Sekalipun hanya tinggal beberapa langkah saja, karena tidak fokus itulah dia akhirnya semakin jauh dari tujuan semula. Jadi fokus dan konsentrasi akan apa yang ingin kita raih, keberhasilan akan ada di tangan kita.

5. Berdoa

Ingatlah bahwa kita punya Tuhan, segala macam upaya haruslah dibarengi dengan doa. Tanpa seijin Tuhan, sekeras apapun usaha kita akan sia-sia. Tuhan maha kaya, Tuhan maha memberi. Jadi mintalah apa yang menjadi keinginan kalian, insa Allah barokah dan akan ada hasil yang manis. Ada sebuah kutipan dari seorang jenderal perang yang memimpin pasukan muslim dalam perang salib, Sultan Salahuddin Al Ayubi. Beliau berkata “Saya meminta kekuatan, tapi Allah memberi saya kesulitan yang membuat saya kuat”.

Artinya, cita-cita tidak selamanya dapat terwujud. Tapi dari proses pencapaian cita-cita tersebut, akan ada hikmah dan hal positif yang dapat diambil. Jangan mudah menyerah dan mengeluh. Do it Your best and keep moving forward! Wassalamu alaikum.

“Artikel ini turut mendukung gerakan PKK Warung Blogger”


TAGS cerita abg


-

Author

Follow Me